fbpx
Bukan Opik,

7 Cara Merawat Jaket biar Awet

jaket
ilustrasi foto : Gossip Hitz
Bagikan artikel seru ini...

Salah satu identitas yang tidak bisa dipisahkan dari driver ojek online (ojol) adalah jaket. Dari jaket yang dikenakan, para penumpang akan tahu nama perusahaan driver ojol. Selain itu, jaket bisa berfungsi melindungi badan driver dari panas maupun hujan.

Tubuh yang nyaman karena tidak kepanasan atau kehujanan membuat usaha mencari rezeki bagi driver menjadi lebih menyenangkan. Begitu pentingnya jaket maka perlu dirawat biar awet. Begini cara merawatnya.

1. Jika driver hendak mencuci jaket, siapkan air hangat dalam suatu wadah atau ember yang cukup untuk merendam jaket. Tambahkan sabun tanpa deterjen atau jangan gunakan deterjen yang keras, agar bahan jaket tidak rusak. Setelah itu, masukkan jaket ke dalam wadah atau ember tersebut, aduk dan rendam selama 1 jam.

2. Langkah berikutnya, cuci jaket dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Jika ada noda yang menempel pada jaket, dan sulit dibersihkan, sikat saja dengan lembut.

3. Jangan lupa, bilas jaket dengan bersih. Perhatikan juga cara memeras jaket, jangan dipelintir. Driver cukup meremas dan menekan sisa air pada jaket, lalu keringkan. Cara mengeringkannya sederhana, gantunglah jaket menggunakan gantungan baju. Jangan menjemur jaket di bawah paparan sinar matahari langsung.

4. Jika jaket sudah kering, driver harus menyetrikanya biar halus dan rapi. Perhatikan tingkat panas setrika. Jangan sampai kepanasan karena jaket bisa gosong, bolong, atau rusak. Sesuaikan saja tingkat panasnya dengan jaket yang hendak digosok biar saat dipakai terasa halus dan nyaman.

5. Saatnya driver menggunakan jaket! Semprotkan parfum atau minyak wangi biar jaket tidak bau saat dikenakan di bawah teriknya panas matahari. Penumpang juga akan merasa nyaman dan tenang, tidak tutup hidung, jika jaket driver wangi, tidak berbau yang mencurigakan.

6. Saat off alias driver tidak cari order, gantunglah jaket di tempat yang teduh; biar jaketnya adem, tidak bau apek, dan tidak mudah kusut.

7. Hal terakhir yang juga perlu diperhatikan adalah cucilah jaket secara teratur, tidak perlu setiap hari. Jangan keseringan cuci jaket agar warnanya tidak cepat luntur atau pudar. Tapi juga jangan dalam waktu terlalu lama agar jaket tidak mengeluarkan bau tak sedap. Sesuaikan saja dengan kebutuhan driver, karena penggunaan jaket setiap orang berbeda, dan berpengaruh pada rentang waktu yang dibutuhkan dalam merawat jaket. (H1)