Bukan Opik,

Cara Jitu Mendapatkan Banyak Order Gojek dan Grab Bike

pikiran rakyat
Foto : Pikiran Rakyat
Bagikan artikel seru ini...

Bagi pengojek online, order atau pesanan sangat penting. Banyak sedikitnya order memengaruhi besar kecilnya penghasilan atau uang yang bisa masuk ke kantong pengojek. Oleh karena itu, cara mendapatkan banyak order menjadi penting diketahui.

Banyak cara, kiat, atau trik jitu agar order meningkat, asalkan jangan menggunakan order fiktif alias Opik seperti beberapa driver yang dijerat kasus hukum.

Para pengojek online hanya perlu memahami caranya agar perjuangan di jalan raya untuk mengantar para penumpang tidak sia-sia. Berikut ini beberapa di antaranya yang bisa dilakukan para pengojek online.

1. Motor dalam Kondisi Fit

Untuk dapat bekerja dengan baik, alat yang kita gunakan untuk bekerja harus dalam keadaan baik, fit, atau sehat. Demikian pula, untuk pengojek online, pastikan motor dalam kondisi fit, tidak mudah mogok misalnya, atau komponen-komponen motor lengkap. Pastikan ban tidak gundul, pastikan juga spion, lampu, dan tentu saja mesin dalam kondisi lengkap dan prima. Kebersihan motor juga perlu diperhatikan.

Jika motor dalam kondisi fit, meningkatkan order bisa lebih mudah. Itu karena mencari rezeki di jalan raya dengan mengandalkan orderan tidak terganggu hanya karena motor ngambek atau tidak bisa berjalan dengan baik, lancar, dan nyaman. Mengutamakan orderan tidak boleh melupakan kondisi motor Anda yang harus dijaga dalam keadaan baik. Jika ada sedikit masalah pada motor Anda ketika Anda hendak meluncur di jalan raya atau menjelajahi kampung demi kampung, sebaiknya perbaiki dulu masalah motor Anda. Demi kenyamanan penumpang, jangan abaikan masalah sekecil apa pun yang menimpa motor Anda.

2. Orangnya Pun Harus Fit

Jangan hanya memperhatikan motor, tapi mengabaikan kesehatan diri sendiri. Para pengojek sebaiknya menjalankan pekerjaannya dalam kondisi fit, sama halnya dengan kondisi fit motornya. Jika pengojek mengantar penumpang dalam keadaan sakit, risikonya tidak hanya diterima pengojek, tapi bisa juga dirasakan penumpangnya. Oleh karena itu, agar mendapatkan order yang banyak, jaga kesehatan, pastikan tubuh dan pikiran dalam keadaan baik-baik saja.

Tubuh dan kondisi kejiwaan yang fit bisa membantu para pengojek dalam meningkatkan order. Anda menjadi kuat mengantar ke sana ke mari para penumpang dalam sehari karena kesehatan Anda terjaga. Semakin sehat badan Anda, semakin banyak pula order yang bisa Anda dapatkan. Nah, jangan sakit ya jika ingin ordernya banyak. Orang sakit nggak akan bisa berkendara dengan lincah, bahkan disarankan untuk beristirahat.

3. Ponsel dan Jaringan Internet Bagus

Para pengojek online sangat tergantung pada jaringan internet dan tentu saja, telepon seluler (ponsel)-nya. Jika ponsel rusak dan berimbas pada koneksi internet yang diterimanya maka mencari penumpang atau orderan pun susah. Apalagi ditambah dengan jaringan internet dari operatornya lambat.

Untuk itu, sebelum mencari rezeki, pastikan ponsel Anda dalam keadaan baik, bisa menerima sinyal internet dengan baik pula. Pilih juga operator internet yang sesuai dengan daerah Anda. Tidak setiap operator internet cocok dengan situasi dan kondisi tempat Anda bekerja. Pilihlah yang jaringannya ngebut sehingga Anda mudah meningkatkan order.

4. Pilih Tempat yang Ramai

Supaya order meningkat, para driver Gojek ataupun Grab Bike harus memilih tempat yang ramai. Anda bisa memilih tempat-tempat yang ramai dengan cara mengenali daerah-daerah mana saja yang banyak dikunjungi orang, misalnya, atau tempat-tempat bisnis, sekolah, atau tempat pelayanan umum lainnya. Semakin Anda mengenali tempat-tempat yang ramai, semakin mudah Anda meningkatkan order.

Biasanya, tempat yang ramai juga disertai dengan kemacetan. Nah, jangan malas untuk menembus kemacetan atau berpanas-panasan karena itu memang salah satu tantangan yang harus dihadapi. Akan lebih baik jika Anda hafal jalan-jalan tikus untuk menghindari kemacetan, sehingga tempat yang ramai bisa semakin maksimal dalam meningkatkan order Anda.

5. Nariknya yang Rajin

Wah, ini sepertinya cara wajib yang harus Anda lakukan. Rajin narik. Rajin mencari order atau mencari penumpang, sebanyak-banyaknya. Jangan malas-malasan atau mudah berubah mood. Untuk para pengojek berlaku pepatah “rajin pangkal kaya” karena dengan rajin narik, order pun meningkat.

Lawanlah panas teriknya matahari, derasnya hujan, atau kotornya debu jalanan. Teruslah mencari penumpang dengan cerdas dan rajin, ditunjang dengan sehat jasmani dan rohani, dan motor dalam kondisi fit. Semakin Anda rajin narik, semakin banyak pula pundi-pundi uang yang bisa Anda dapatkan dari menjadi driver ojek online.

6. Pelayanan yang Baik

Cara ini juga sangat penting untuk meningkatkan order: pelayanan yang baik. Layani penumpang dengan ramah, misalnya, atau jangan biarkan pemesan ojek online menunggu terlalu lama. Kendarai motor dalam kecepatan yang wajar, tidak usah ngebut, sehingga penumpang nyaman dan selamat sampai tujuan.

Pelayanan yang baik akan direspons dengan baik pula oleh penumpang. Pengojek online pun bisa mendapatkan rating yang bagus. Ini menjadi salah satu penentu untuk meningkatkan order dan penghasilan pun mudah bertambah atau meningkat pesat. Orderan pun akan “gacor”, terus-menerus masuk, nggak berhenti-berhenti. (h1)