Bukan Opik,

Enam Tips Pengantaran Barang yang Aman

grab express
ilustrasi foto : Grab
Bagikan artikel seru ini...

Ada kalanya sejumlah driver ojol merasa bingung saat mendapatkan orderan kiriman barang karena alamat pengirim ataupun penerimanya tidak jelas (baik Gosend atau Grab Express). Sehingga kemudian para driver bisa saja kena komplain dari customernya.
Kalau Anda para driver sering menghadapi kendala seperti itu di lapangan, berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk mengantar orderan dengan aman.

Pertama, yang harus Anda lakukan adalah nongkronglah di sejumlah kawasan yang kemungkinan ramai dengan orderan pengiriman barang. Misalnya, pusat perbelanjaan elektronik, pusat jajanan atau bahkan perkantoran. Ini akan membuat peluang Anda dapat order jadi makin besar.

Kedua, pastikan dulu alamat customer (baik pengirim atau penerima) dengan menghubungi terlebih dahulu pihak penjual dan pembeli saat mau mengambil paket serta mengantar paket. Konfirmasi semua data, seperti nama jelas, alamat dan nomor telepon rumah atau kantor jika ada untuk mengantisipasi HP mereka mati dan sebagainya. Dan biasakan juga membaca detail pengiriman.

Ketiga,pastikan selalu Anda membawa alat bantu berupa tali untuk mengikat barang agar tidak terjatuh. Selain itu juga sediakan plastik untuk menjaga barang aman dari hujan. Juga pastikan ukuran barang yang dikirim tidak melebihi kapasitas di motor. Jika lebih, alangkah bijaknya jika Anda mengcancel order demi keselamatan Anda berkendara.

Keempat, setelah menerima barang pastikan Anda tidak menunda-nunda dalam proses pengiriman dengan alasan apapun. Sebab semakin cepat barangnya sampai, kepuasan pelanggan akan semakin baik. Dan itu akan menentukan performa Anda, sehingga aplikator Anda akan semakin mempercaya Anda untuk orderan selanjutnya.

Kelima, jika Anda mengalami kendala seperti ban bocor, hujan, banjir ataupun macet yang berlebihan dan berada di luar jangkauan Anda, pastikan Anda selalu memberikan info kepada penjual dan pembeli. Apabila Anda kesulitan menghubungi mereka, Anda juga bisa menghubungi Customer Service tempat Anda menjadi mitra (Go-Jek ataupun Grab).

Keenam, pastikan Anda memarkir kendaraan di tempat semestinya dan usahakan hindari parkiran liar demi keamanan kendaraan serta paket yang Anda dibawa.

Demikianlah tips ada trik aman dalam melakukan pengantaran barang kepada konsumen. Jadi, nggak perlu ragu lagi untuk ambil orderan barang asalkan Anda memperhatikan hal-hal tersebut. (A3)