fbpx
Bukan Opik,

Ini Penyebab Motor Mogok yang Perlu Driver Ketahui

Bagikan artikel seru ini...

Driver ojek online (ojol) dan sepeda motor adalah dua sahabat karib yang tak bisa dipisahkan. Jika pun diibaratkan dengan lembaran duit atau uang logam, driver dan motor adalah dua sisi yang tak bisa salah satunya dihilangkan. Keduanya harus seiring sejalan, dan kompak.

Salah satu tidak boleh ada yang ngambek. Misalnya, motor tak boleh tiba-tiba mogok, ngambek, tak mau jalan. Cari order pasti terganggu. Nah, driver harus mengetahui penyebab motor mogok dan cara mengatasinya.

1. Filter udara kotor

Hal pertama yang kudu dipahami driver adalah kebersihan filter udara pada motornya. Kalau kotor, motor kesayangan pun bisa ngambek alias mogok. Fungsi filter udara adalah untuk menyaring agar udara yang masuk ke dalam ruang bakar tidak bercampur dengan partikel-partikel kotoran dan debu, sehingga campuran udara dan bensin lebih sempurna. Jika filter udara kotor, tarikan gas motor jadi berat. Motor pun mendadak mati atau mogok.

2. Setelan klep tidak pas

Driver juga perlu mengecek apakah setelan klep sudah tepat. Kalau terlalu rapat, motor bisa mogok. Mesin akan cepat panas dan akselerasi kurang. Kerenggangan klep sangat penting dan driver perlu memahami hal ini.

Jika setingan klep tidak cocok, masa pakainya pun bisa pendek. Ikuti saja celah standar pabrikan atau lakukan penyetelan saat mesin dingin. Driver bisa membawa motor kesayangan ke bengkel untuk mendapatkan setelan klep yang tepat, agar motor kagak ngambek saat cari order.

3. Mesin terlalu panas

Tidak hanya driver yang perlu menjaga agar hati tetap dingin dan sejuk, tidak panas atau kebangetan panasnya. Bisa berbahaya. Mesin yang terlalu panas pun bisa membuat motor ngambek. Penyebab mesin terlalu panas ini adalah sirkulasi oli di dalam mesin tersumbat. Ring piston pun menjadi kering dan motor pun mati mendadak alias pingsan sejenak.

Cara mengatasinya, tunggu saja mesin sampai benar-benar dingin. Setelah itu, lepaskan busi lalu masukkan oli yang baru melalui lubang busi. Nyalakan motor menggunakan starter elektrik. Mudah, bukan? Jika belum nyala juga, tuntun dah tuh motor ke bengkel, biar nyala kembali dan driver lanjut ke cari order.

Tiga penyebab motor mogok di atas perlu driver pahami, agar tidak panik saat tunggangan tersayangnya harus masuk bengkel, atau bisa diatasi sendiri oleh driver. Masih ada beberapa penyebab lain yang bikin motor ngambek, tapi yang penting, persiapkan motor sejak awal agar saat meluncur di jalan raya, lajunya lancar, tanpa hambatan.(H1)