fbpx
Bukan Opik,

Mudik Asyik Bersama Keluarga atau Komunitas

ojol mudik
ilustrasi foto : merdeka
Bagikan artikel seru ini...

Kampung halaman sudah terbayang-bayang akhir-akhir ini untuk orang-orang yang akan mudik. Para driver ojol yang berasal dari daerah di luar Jabodetabek pun sudah siap-siap ngegas ke kampung kelahiran tercinta. Para driver bisa mudik bersama keluarga atau bersama komunitas driver ojol. Ini yang perlu dipersiapkan.

Bersama Keluarga
Bagi para driver ojol yang sudah berkeluarga, mudik bersama anak dan istri atau suami terasa menyenangkan. Kapan lagi jalan jauh bersama seluruh anggota keluarga, ya kan? Nah, persiapkan bekal yang cukup selama di perjalanan.

Bekal mudik itu bisa dalam bentuk berapa baju yang harus dibawa untuk dipakai di kampung halaman. Jangan sampai kurang, jangan juga kebanyakan. Untuk yang sudah punya anak, persiapkan bekal anak di perjalanan, terutama obat-obatan.

Pikirkan alat transportasi yang pas supaya nyaman di jalan. Jika jumlah anggota keluarga banyak, lebih dari empat orang, naiklah angkutan umum, seperti kereta api, bus, atau kapal laut. Tapi, jika driver merupakan keluarga baru, belum banyak anak, naik motor bisa dipilih. Apalagi kampung halaman relatif dekat dengan kota besar tempat driver mencari nafkah.

Bersama Komunitas
Biasanya ada juga mudik bareng komunitas, seperti komunitas driver atau komunitas motor. Mudik bersama komunitas lebih cocok dilakukan para driver yang masih bujangan, belum berkeluarga, jadi bisa menikmati mudik selama perjalanan.

Bisa juga sih driver yang sudah berkeluarga ikut mudik bersama komunitas motor. Terutama driver yang baru saja membangun rumah tangga.

Persiapkan diri sebelum mudik bareng komunitas. Misalnya, jangan lupa pakai baju khusus atau seragam komunitas. Ini penting untuk mengenali kalau driver masuk dalam komunitas yang sama. Jadi, di perjalanan bisa saling menjaga keselamatan sesama anggota komunitas.

Bawa bekal tambahan makanan yang bisa dibagi dengan anggota komunitas lainnya. Jadi, saat istirahat di rest area, driver bisa menawarkan makanan yang dibawa, terutama makanan ringan. Setidaknya, untuk basa-basi saat makan bersama dan ngobrol ngalor-ngidul selama istirahat.

Nah, untuk lebih amannya, kenali semua anggota komunitas. Miliki nomor telepon anggota komunitas. Jika ada anggota baru, segeralah berkenalan. Dengan demikian, di jalan setiap anggota mengenal siapa saja yang hendak mudik bersama. Ini penting untuk menjaga kekompakan dan keselamatan selama mudik.

Biar lebih asyik, jangan lupa bawa ponsel untuk foto-foto. Mudik merupakan momen yang tak bisa dilupakan. Foto bareng bisa menjadi kenangan dan pada akhirnya menjadi cara untuk terus menjalin silaturahmi setelah kembali dari kampung halaman. (h1)