fbpx
Bukan Opik,

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mudik

mudik ojol
ilustrasi : Tribun news
Bagikan artikel seru ini...

Yuk, mudik! Ajakan itu tentu sangat menyenangkan, termasuk untuk para driver ojek online (ojol). Supaya mudik terasa mengasyikkan, maka perlu dipersiapkan. Para driver ojol yang berkampung halaman tentu sudah memikirkan ini jauh-jauh hari. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Pilih Alat Transportasi yang Tepat
Banyak alat transportasi yang bisa dipilih untuk mudik. Misalnya, kereta api, bus, kapal laut, pesawat, dan sepeda motor. Jika hendak menggunakan sepeda motor sendiri, jangan lupa lakukan servis terlebih dahulu. Bawalah sepeda motor ke bengkel, lakukan pengecekan semua komponennya.

Setelah motor dinyatakan sehat dan layak jalan jauh, persiapkan barang yang hendak dibawa mudik. Jangan sampai kelebihan beban supaya tidak dihentikan pak polisi dan mudik pun terganggu. Jika para driver hendak menggunakan alat transportasi lain, segeralah memesan tiket, jangan sampai kehabisan.

Jangan Berlebihan Bawa Oleh-oleh
Meski mudik merupakan tradisi tahunan, tetaplah bijak melakukannya. Termasuk saat bawa oleh-oleh untuk saudara di kampung halaman. Jangan terlalu banyak, tapi juga jangan terlalu sedikit. Pas-pas sajalah. Oleh-oleh yang dibawa yang penting cukup untuk orangtua dan saudara-saudara dekat. Jangan terlalu banyak memikirkan oleh-oleh untuk satu kampung, berat!

Pilihlah juga oleh-oleh yang bermanfaat atau disukai saudara-saudara di kampung. Bisa juga, misalnya, memilih makanan khas kota tempat para driver mencari rezeki, yang tidak ada di kampung halaman. Jika dalam bentuk barang, bawalah oleh-oleh barang yang praktis-praktis saja.

Nggak Perlu Jorjoran
Mudik untuk menenangkan hati, melepas rindu, dan bersilaturahmi. Tujuan itulah yang utama. Untuk itu, ketika mudik jangan jorjoran bawa barang atau oleh-oleh. Jangan berlebihan hanya agar dibilang hebat, lebih unggul dari yang lain.

Para driver ojol sebaiknya tetap rendah hati dan tahu diri. Sesuaikan dengan kemampuan keuangan jika ingin membeli barang atau oleh-oleh. Jika bertujuan jorjoran, bisa jadi setelah pulang dari kampung halaman, kehabisan uang. Cari order lagi jadi nggak nyaman, terasa terus-menerus dikejar setoran.

Jangan Lupakan Hidup Setelah Mudik
Mudik tetap harus dipersiapkan dengan cerdas. Berpikirlah untuk hidup selama mudik di kampung halaman dan setelah kembali ke kota. Oleh karena itu, rezeki yang terbatas harus dibagi untuk mudik dan setidaknya untuk satu bulan setelah kembali ke kota.

Dengan cara ini, para driver tidak akan mengalami kesulitan setelah kembali ke kota, mencari order, dan mengumpulkan uang untuk mudik di tahun berikutnya. Sebaliknya, jika para driver menghabiskan semua uangnya di kampung halaman, maka bersiap-siaplah mencari cara untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, terutama di bulan pertama setelah mudik.

Jika memang ada cara untuk mendapatkan dana talangan setelah kembali ke kota, ya silakan habiskan uang di kampung halaman. Mungkin, uang para driver sedang sangat terbatas di mudik kali ini. Jadi, di kampung halaman pun uang yang dibawa sebenarnya pas-pasan.

Hal penting yang perlu dicatat para driver, persiapkan mudik, terutama dari sisi finansial secara matang. Pikirkan hidup saat mudik dan hidup setelahnya. Biar mudik benar-benar terasa menyenangkan. (h1)