fbpx
Bukan Opik,

Tips Aman Ngebid Saat Hujan

ujan-583410a31f23bdbe07a877cb
Illustrasi Foto: Kompasiana.com
Bagikan artikel seru ini...

Ngebid (narik) saat kondisi hujan memang banyak resikonya. Seperti yang kita tahu sekarang cuaca lagi pancaroba, yakni peralihan musim kemarau ke musim hujan. Sehingga kondisi ini sangat mempengaruhi performa dan keselamatan para driver ojek online (Ojol).

Berikut beberapa tips aman berkendara dicsaat hujan.

Pastikan fisik prima

Berkendara dalam kondisi letih, lelah, ngantuk atau sakit dapat mengganggu konsentrasi karena mengurangi reflex. Dalam kondisi hujan, tubuh akan kedinginan dan menggigil sehingga tidak bisa berkendara dengan baik.

Apalagi jika kondisi badan kita kurang sehat, maka lebih baik urungkan niat untuk terus ngebid kondisi hujan.

Kenakan jas hujan ideal

Pilih jenis jas hujan yang tepat, yang tidak menghambat gerak tangan, kaki, kepala hingga seluruh tubuh ketika berkendara. Upayakan juga jas hujan memiliki bagian reflektif yang bisa berpendar apabila terkena cahaya.

Hindari jenis ponco, karena berpotensi tersangkut di roda atau rantai. Idealnya,gunakan yang jenis baju dan celana.

Gunakan sepatu tahan air

Sepatu yang menutupi bagian mata kaki serta terbuat dari bahan plastic atau karet yang dapat melindungi kaki dari rendaman air sangat penting.

Karena hal ini bisa menghindarkan driver dari  kedinginan saat hujan. Jadi pastikan sepatu yang dipakai pun tahan air.

Kondisi ban bagus

Ban yang kembangan bagus akan memiliki daya cengkraman yang lebih baik. Perlu diperhatikan tekanan ban juga, tidak kempes / kelebihan tekanan. Jika ada batu kerikil kecil yang menyangkut di sela-sela ban segera congkel karena dapat mengurangi cengkaraman permukaan ban ke aspal yang basah.

Karena itu jika ngebid di waktu hujan, pastikan dulu kondisi ban Anda baik. Jika tidak, sebaiknya urungkan niat melanjutkan ngebid dari pada celaka.

Pastikan kondisi rem

Kondisi jalan yang licin akibat hujan membutuhkan teknik pengereman yang tepat agar tidak tergelincir. Karena itu pastikan bahwa rem Anda memang berfungsi dengan baik.

Jika tidak bukan tidak mungkin Anda malah tergelincir ketika Anda mengerem. Atau Anda bisa menabrak kendaraan di depan Anda, karena tiba-tiba rem Anda tidak berfungsi.

Pastikan semua lampu berfungsi normal

Dalam kondisi hujan, cahaya lampu utama membantu pengguna jalan lain mengetahui keberadaan kita.Jadi ketika kita ngebid di kala hujan, pastikan bahwa lampu kita benar-benar berfungsi.

Kalau tidak, tentu akan berbahaya bagi keselamatan Anda.

Waspada embun pada helm

Segera bersihkan / lap kaca helm apabila terdapat embun agar tidak menghalangi pandangan Anda di kala hujan. Sebab ada kalanya pandangan yang buram, akan membuat Anda tidak dapat melaju dengan sempurna.

Jika hujan yang turun terlampau deras, ada baiknya, Anda menepi dahulu. Karena meneruskan menerjang hujan yang deras lebih banyak kerugiannya, dibandingkan kita berhenti.

Jangan tergesa-gesa

Tetap jaga kecepatan motor, untuk menghindari kondisi rem mendadak atau ban slip dan selalu menyalakan lampu utama motor memang penting.

Namun jauh lebih penting jika Anda tak perlu tergesa-gesa jika cuaca hujan terlanjur menimpa Anda. Sebab ngebut di waktu hujan, jelas lebih beresiku daripada di waktu normal.

Demikianlah, beberapa tips yang bisa dilakukan para driver ojol di waktu hujan. Semoga tips ini dapat bermanfaat. (A3)