fbpx
Bukan Opik,

Tips Menghilangkan Kebiasaan Merokok bagi Driver Ojol

slide-3
Illustrasi Foto: nmafc.org
Bagikan artikel seru ini...

Kebiasaan merokok memang susah dihilangkan. Banyak orang ingin berhenti merokok, tapi masih belum mendapatkan hasil. Terus berproses dengan sedikit demi sedikit mengurangi konsumsi rokok setiap hari.

Driver ojek online (ojol) juga banyak yang merokok. Tak jarang terlihat kepulan-kepulan asap rokok silih berganti ketika para driver sedang ngetem atau kongko-kongko di posko driver ojol.

Hal utama yang perlu diperhatikan driver adalah jangan merokok sambil berkendara membawa penumpang. Ini merupakan larangan keras dan sangat berbahaya jika driver melanggarnya.

Lalu, apa yang bisa dilakukan driver perokok agar sukses cari order?

  1. Konsumsilah makanan yang mengurangi kecanduan rokok

Driver perokok yang mencoba membebaskan dirinya dari kecanduan rokok bisa melakukan banyak hal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang bisa membantu mengurangi kecanduan rokok.

Driver bisa mencoba makan permen karet, misalnya di saat berkendara mengantar penumpang. Sibukkan mulut dengan permen karet agar lupa sejenak dengan rokok. Kalau bisa, makanlah permen karet bebas gula agar lebih sehat.

Driver juga bisa makan jeruk secara rutin. Dimakan langsung atau dibuat jus, jeruk diyakini bisa membantu mengurangi bahkan berhenti sama sekali dari kecanduan rokok. Selain jeruk, coba juga wortel. Bisa dijus dan konsumsilah secara teratur. Selain dapat mengurangi kecanduan rokok, makan wortel juga bisa membuat jantung sehat. Makanan-makanan yang mengandung alkaline seperti bayam, avokad, mentimun, paprika, dan brokoli juga bisa membantu driver mengurangi rokok.

  1. Selain makanan, coba juga minuman ini

Ada makanan, ada juga minuman yang bisa mengurangi kecanduan rokok. Minuman paling populer adalah air mineral. Driver perlu membawa sebotol air mineral ke mana pun pergi, apalagi di tempat-tempat yang tidak ada larangan merokok.

Selain air mineral, driver juga bisa minum susu. Hal yang bisa dicoba, susu membuat driver tidak bisa menikmati rokok dengan baik, bisa mengeluh rasa rokok pahit. Jika driver tidak suka susu, bisa coba air ginseng. Tapi, jangan berlebihan. Konsumsilah air ginseng 2-3 kali saja dalam sebulan.

  1. Ubah kebiasaan

Selain melalui konsumsi makanan dan minuman, kecanduan rokok juga bisa dikurangi dengan mengubah kebiasaan. Jika driver terbiasa membeli rokok, ubah kebiasaan tersebut untuk membeli permen karet. Bisa juga untuk membiasakan menabung uang yang seharusnya untuk membeli rokok. Bertahap saja, tak perlu mengubah kebiasaan besar-besaran. Paling penting, ubah kebiasaan untuk mengurangi bahkan berhenti merokok dalam suasana senang.

Tambahkan olahraga teratur untuk mengubah kebiasaan merokok menjadi terbiasa hidup sehat. Dengan cara ini driver perokok tetap bisa sukses cari order, sambil secara bertahap menghilangkan kecanduan rokok di saat kerja.(H1)