fbpx
Bukan Opik,

Tips Merawat Helm biar Tetap Kinclong

Go-jek
ilustrasi foto : Dakwatuna
Bagikan artikel seru ini...

Bagi para wanita, rambut adalah mahkota. Tak heran jika kaum perempuan sangat sensitif jika disinggung soal tata rambutnya. Ini berbeda dengan driver ojek online (ojol). Bagi driver bukan rambut mahkotanya, tapi helm.

“Keanggunan” seorang driver bisa dilihat dari helmnya. Ciri khas yang melekat di kepala ini tidak hanya membuat driver gagah, tapi juga mampu memotivasi untuk mencari rezeki. Tidak ada salahnya jika driver merawat helm dengan baik. Ini tips jitu untuk merawat helm biar kinclong.

1. Gunakan helm saat kepala driver kering. Jika kepala masih dalam keadaan basah, busa di dalam helm mudah jamuran. Nah, efek buruknya, helm jadi mengeluarkan bau tak menyenangkan. Waspadai juga keringat saat driver memakai helm. Kalau bisa, gunakan penutup kepala yang mudah kering untuk mengurangi keringat yang menempel pada busa helm.

2. Perhatikan juga cara meletakkan atau menyimpan helm. Driver harus bisa memastikan helm tersimpan dengan baik dan aman, sehingga tidak mudah tergores. Letakkan di bagasi motor atau masukkan ke dalam tas helm.

Jika driver punya kebiasaan meletakkan helm di kaca spion, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Helm yang diletakkan di kaca spion mudah jatuh, dan jika sedang seru-serunya datang hujan, helm bisa basah. Ini tentu saja bisa membuat helm lebih cepat rusak. Driver perlu lebih cerdas memperlakukan helmnya dan bijak dalam meletakkan atau menyimpannya.

3. Jangan biarkan helm berbau, apalagi baunya sampai tercium penumpang. Tentu tidak nyaman jika driver mendapatkan keluhan dari penumpang gara-gara helm bau. Driver bisa menyemprotkan parfum helm rendah alkohol untuk mengusir bau tak sedap yang datang dari helm.

Modal dikit tak apalah, untuk beli parfum helm, daripada mencari rezeki diwarnai dengan keluhan atau komplain yang sebenarnya bisa diatasi dengan cepat.

4. Cara berikutnya yang bisa driver praktikkan adalah, jaga helm bagian luar tetap bersih. Semprotkan saja cairan pembersih kemudian lap dengan kain kering yang halus. Bersihkan juga kaca helm, agar tetap terlihat bening dan kinclong.

5. Untuk bagian dalam helm, driver bisa rutin merawat busanya. Lepas saja busa helm dan rendam dengan air hangat yang dicampur dengan pengharum pakaian. Tidak perlu tiap hari melakukannya, driver bisa mencobanya dua minggu sekali atau sebulan sekali, sesuai dengan situasi dan kondisi helm yang digunakan untuk mencari order setiap hari. (H1)