Bukan Opik,

Trik Jitu Hadapi Penumpang Nyebelin

tips ojol
Ilustrasi Foto : Gossip Hitz
Bagikan artikel seru ini...

Namanya kerja ya kadang nggak ada enaknya. Apalagi kalau pekerjaan itu langsung berhubungan dengan orang, bukan dengan barang atau benda. Ada interaksi langsung. Karakter orang juga beda-beda, juga karena keinginan masing-masing orang yang nggak sama, kita kudu pintar-pintar bawa diri.

Begitu pun bagi driver ojek online (ojol). Bertemu penumpang dengan latar belakang dan karakter yang berbeda maka perlu trik khusus. Dengan trik jitu dan cerdas, driver ojol akan mudah menghadapi beraneka macam penumpang, terlebih penumpang yang rese atau nyebelin.

Ini yang perlu dilakukan driver ojol supaya bisa menghadapi penumpang yang membuatnya repot saking resenya.

Beri Pengertian
Penumpang yang rese atau nyebelin ada saja permintaannya. Misalnya, pengen cepet-cepet sampai tujuan hingga ia komplain sana-komplain sini. Driver ojol diminta ngebut kek, diminta cari jalan tikus kek, atau melawan arus. Permintaan ini kadang disertai dengan paksaan. Nah, berilah pengertian dengan sabar kepada penumpang yang banyak nuntut seperti ini.

Driver harus bisa sabar mengatakan kepada penumpang kalau ngebut itu berisiko kecelakaan. Kalau penumpang minta lewat jalan tikus, ya katakan dengan alasan yang jelas jika benar-benar motor tidak bisa melewati jalan itu. Apalagi saat melawan arus, katakan dengan tegas kalau itu dilarang dan melanggar peraturan lalu lintas. Penumpang memang banyak maunya, malah rese, tapi tetaplah sabar saat menghadapinya. Ingat saja, penumpang adalah raja, maka driver harus bisa menjadi penasihat istananya.

Turuti Jika Masih Masuk Akal
Daripada lama-lama nyebelin, turuti saja kemauan penumpang. Dengan catatan, masuk akal dan driver bisa melakukannya. Misalnya, penumpang banyak nanya-nanya driver soal kehidupan pribadi, jawab saja sebatas yang bisa diketahui si penumpang. Makin banyak pertanyaan apalagi dengan nyerocos, bisa membuat narik tak nyaman, tapi tetap sabar saja.

Jawablah pertanyaan penumpang yang rese, sambil alihkan perhatian dengan balik mengajukan pertanyaan. Anggap saja sebagai teman ngobrol supaya saat menghadapi penumpang yang banyak nanya, hati driver tidak dongkol. Memang mengobrol itu penting untuk driver, karena menunjukkan keramahan, tapi kalau penumpang banyak nanya, bisa nyebelin juga. Siasati saja dengan bijak, turuti kemauan penumpang selama masih dalam batas pertanyaan di atas motor.

Berpikir Bertemu Penumpang Lebih Baik
Selalu berpikir positif juga akan membantu driver menghadapi penumpang rese. Tidak setiap penumpang itu merepotkan, maka berpikirlah akan bertemu dengan penumpang yang baik setelah mengantar penumpang nyebelin. Itu setidaknya bisa menghibur driver saat proses mengantar penumpang rese ke tempat tujuan.

Tetap senyum, jangan ngambek, juga jangan banyak menggerutu. Anggap sebagai pelajaran untuk mendewasakan diri jika melayani penumpang yang menyebalkan. Hidup akan selalu begitu, bertemu dengan orang yang menyenangkan, juga bertemu dengan pribadi yang nggak asyik. Hadapi dengan senyum dan selalu jaga pikiran tetap positif, dan selalu semangat untuk menjemput order demi order berikutnya. (H1)