fbpx
IJO,

Ini Hikmah Idul Fitri untuk Driver Ojol

sepi lebaran
ilustrasi foto : Gossiphitz
Bagikan artikel seru ini...

Hari Lebaran pasti ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Termasuk para driver ojek online (ojol). Di hari kemenangan itu, sukacita dan berkah dirasakan dan disyukuri. Driver ojol dapat memperoleh hikmah yang bisa dijadikan semangat atau motivasi untuk hidup yang lebih baik setelah Idul Fitri. Hikmah apa saja yang bisa dipetik driver?

1. Lebih mudah memaafkan orang lain

Jika sebelumnya driver sulit memaafkan orang lain atau penumpang yang membuat kecewa, setelah Lebaran situasi bisa berubah. Bermaaf-maafan di hari yang fitri mengingatkan driver kalau setiap manusia pasti punya kesalahan dan perlu pemaafan. Termasuk diri driver yang tidak sempurna, yang bisa saja berbuat salah kepada orang lain.

Saling memaafkan menjadi momen penting untuk driver. Pada saat narik atau menunggu order, jika ada hal-hal yang mengecewakan, driver mudah memahami situasi yang terjadi, lebih ringan dalam menghadapinya, lalu memberi maaf. Dengan demikian, geberan motor menjadi lebih ringan karena hati dan pikiran driver tidak dipenuhi kecewa dan amarah karena bisa memaafkan kesalahan orang lain.

2. Lebih ikhlas dalam menerima rezeki berapa pun besarnya

Rezeki selalu dicari semua orang. Jika mendapatkan rezeki yang besar, kita kegirangan. Jika rezeki kecil, kita mudah mengeluh. Nah, momen Lebaran menjadi pengingat untuk mensyukuri berapa pun rezeki yang didapat, besar maupun kecil. Driver pun bisa memaknai ini dengan lebih ikhlas saat mencari order.

Di hari Lebaran, driver belajar ikhlas, terutama ikhlas saat memaafkan orang lain. Hikmah ikhlas ini bisa dibawa dalam aktivitas sehari-hari driver seusai Lebaran. Ikhlas dalam mendapatkan order, tidak pilih-pilih, dan menjalankannya dengan penuh semangat. Driver tidak mudah mengeluh, misalnya karena jarak yang jauh plus kondisi jalan yang buruk, saat mengantar penumpang. Setiap order yang masuk direspons dengan baik dan ikhlas menghadapi setiap tantangan yang datang.

3. Lebih berenergi

Saling memaafkan dan mengambil hikmah keikhlasan membuat driver memiliki energi yang luar biasa setelah Lebaran. Hati dan pikiran terasa enteng karena tidak ada beban kesalahan dengan keluarga maupun saudara. Hati dan pikiran terasa ringan karena driver mau memaafkan orang-orang yang selama ini membuatnya marah atau dendam.

Energi yang besar yang didapat di hari Lebaran merupakan modal penting saat cari order setelah driver bersilaturahmi dengan keluarga dan saudara. Untuk driver yang pulang kampung, energi yang besar ini dimanfaatkan setelah sampai kembali di rumah, beristirahat sejenak. Setelah itu, cari order di kota besar, dengan harap dan doa mendapatkan rezeki lebih besar. Semoga dengan rezeki yang besar, sebagian ditabung, supaya di tahun depan dapat mudik kembali, berlebaran di kampung halaman. (h1)