IJO,

Trik Mendapatkan Order Sambil Beribadah

Ibadah
Foto : Intisari
Bagikan artikel seru ini...

Betapa bahagianya jika bisa memberikan sedekah kepada orang lain. Hati tentu akan merasakan ketenangan karena bersedekah sambil mencari nafkah juga merupakan bentuk syukur kita kepada Tuhan.

Ini pun bisa dilakukan para pengojek online. Banyak dari mereka yang mencari order sambil tak lupa beribadah, termasuk bersedekah. Tidak hanya urusan menabung uang duniawi, tapi para driver ojek online juga menabung pahala untuk urusan akhirat nanti.

Bekerja sambil beribadah, termasuk dalam bentuk bersedekah, bisa dilakukan di hari Jumat untuk driver muslim dan Minggu untuk driver Kristiani. Bagaimanakah cara driver mendapatkan order sambil beribadah?

Awali dengan Doa

Sebelum mencari rezeki, awali dengan doa. Dengan demikian, saat meninggalkan rumah, hati dan pikiran lebih tenang dalam mencari rezeki. Selain menjadi kekuatan, doa juga bisa menjadi pengingat bahwa rezeki sudah ada yang mengatur, dan kita wajib bekerja dengan baik, termasuk melalui kerja sebagai pengojek online.

Pilih Cara untuk Bersedekah

Hari Jumat atau Minggu bisa menjadi hari yang pas untuk beribadah, bersedekah, atau beramal sambil mendapatkan order. Anda bisa mencari cara tersendiri untuk bersedekah, beramal, atau berbuat baik saat hari baik ini.

Nah, Anda bisa mengadaptasi inspirasi dari Maman Sulaeman, driver Gojek. Maman menggratiskan tarif ojek online bagi pelajar berseragam yang menggunakanjasanya setiap Jumat. Maman memilih Jumat karena dianggap hari yang penuh keberkahan.

Maman menginformasikan tarif gratis tersebut melalui tulisan di belakang helmnya, “Spesial Hari JumatGratis untuk Pelajar yang Berseragam Diantar sampai Tujuan. By Order PersembahanDriver Ojek Kekinian Teruntuk Kids Jaman Now. Terima Kasih”.

Maman juga menggratiskan tarif ojek di hari penuh keberkahan itu untuk mahasiswa. Cara beribadah melalui amal ini sudah dilakukannya sejak 2015. Nah, jika pelajar atau mahasiswa membayar dengan GoPay, Maman memberi mereka bingkisan.

Tarif Gratis untuk yang Ingin Beribadah

Jumat berkah atau Minggu berkah bisa dilakukan driver ojek online untuk menabung pahala, misalnya menggratiskan tarif untuk pelajar dan mahasiswa.

Bisa juga, menggratiskan tarif untuk penumpang yang hendak beribadah. Ini juga dilakukan Maman, dan Anda pun bisa melakukannya. Maman menggratiskan penumpangnya yang ingin ke tempat ibadah, seperti masjid, pura, atau gereja.

Tarif Gratis untuk yang sedang Berpuasa

Ini juga bisa Anda coba sebagai driver ojek online. Di hari Jumat yang penuh keberkahan atau Minggu yang berkelimpahan berkat, Anda bisa menggratiskan penumpang yang sedang menjalankan puasa. Maman juga melakukan hal ini.

Di saat ngobrol dengan penumpang dan ternyata sang penumpang bercerita sedang berpuasa, Maman menggratiskan tarif untuk penumpang tersebut, tidak peduli apa agamanya, Islam atau Kristen. Anda bisa mencoba melakukan hal ini jika belum melakukannya, berbuat baik sambil mencari nafkah.

Cari Order di Sekitar Tempat Ibadah

Nah, kalau ini bisa Anda lakukan sambil Anda salat Jumat, misalnya, jika Anda muslim. Sambil beribadah di masjid yang ramai, Anda juga bisa mencari order.

Setelah shalat Jumat selesai, Anda bisa memanfaatkan kembali jaringan ponsel Anda untuk menjaring penumpang. Apalagi jika di sekitar masjid tempat Anda beribadah juga terdapat perkantoran atau ruko atau tempat keramaian, peluang mendapatkan order semakin besar.

Begitu pun dengan Anda yang Kristiani, sambil ke gereja, Anda bisa mencari order seusai beribadah. Ngetem di sekitar gereja, apalagi gereja Anda ramai dengan jemaat dan di kanan kiri gereja banyak tempat strategis, peluang mendapatkan order juga besar. Beribadah sambil mencari nafkah.

Mendapatkan order sambil beribadah, bersedekah, beramal, atau berbuat baik lainnya bisa dilakukan semua driver ojek online, apa pun itu agamanya. Untuk yang muslim bisa memanfaatkan Jumat Berkah atau bagi yang Kristiani dapat memanfaatkan hari Minggu untuk berbuat kebaikan. Bagi driver yang beragama Hindu, Buddha, atau Konghucu, misalnya, juga dapat memilih hari baik sesuai keimanan masing-masing. Tabungan uang dapat, tabungan akhirat pun besar. (h1)